Menulis untuk menambah ilmu

Monday, November 17, 2014

Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Putus – Putus

Kali ini kami ingin membagi pengalaman mengenai mengatasi hasil cetakan yang putus putus pada Printer, baik itu pada warna hitam atau bewarna . Namun dalam kasus ini kita menggunakan contoh  Printer Canon IP 2770 .
Kasusnya adalah saat print  warna  hitam , hasil print nya putus - putus .Biasanya hasil putus putus ini karena jalur keluarnya tinta tersumbat karena jarang dipakai atau karena sebab lain . Selain itu juga bisa karena kita sering mengusab usap bagian mulut catrid ( bagian bawah wadah keluarnya tinta printer) dengan tissu yang kasar atau mengusapnya terlalu keras. 

Sebelumnya kami sudah melakukan cleaning baik standar cleaning sampai deep cleaning tetapi hasil cetakan masih putus – putus . Namun setelah mencoba hal di bawah ini akhirnya hasil cetakan printer ip2770 kembali seperti semula ( alias tidak putus – putus lagi) .

Untuk mengatasi hasil catakan yang putus putus pertama kita siapkan alat berikut ini :


  • Termos ( wadah air panas)
  • Gelas
  • Lepek ( gelas lebar yang funginya agar air panas tadi  cepat hangat)
  • Tissu
  • Tinta Hitam + Suntikan


Langkah – langkahnya :

1.Tuangkan air panas (di dalam  termos) ke dalam gelas


2.Kemudian dari gelas kita pindahkan ke lepek ( gelas yang lebih lebar agar air yang tadinya panas menjadi tidak terlalu panas/ menjadi hangat )


3.Ambillah catrid yang bermasalah dari dalam printer ( disini dicontohkan pada printer canon ip 2770 )


4.Celupkan bagian bawah catrid ke dalam air yang sudah hangat tadi .Ingat jangan sampai chip warna kuning ikut terkena air . Yang di celupkan hanya bagian bawah catrid ( itupun cuma beberapa mili saja) .Lihatlah gambar di bawah ini :


5.Setelah bagian bawah catrid dicelupkan maka air yang tadinya jernih akan keruh karena tinta yang keluar dari bagian mulut ( bawah) catrid . Jika air sudah keruh , maka buanglah air yang keruh tadi, kemudian ganti dengan air lagi, gantilah sampai catrid tidak banyak mengeluarkan tinta(kami hanya perlu mengganti air 1 x saja , karena pada pergantian air yang kedua tinta sudah tidak keluar lagi .Jadi semua tergantung prakteknya , intinya sampai tinta sudah sedikit yang keluar / sudah tidak keluar lagi)


6.Setelah itu letakkan catrid di atas tissu dan bersihkan air yang masih menempel ( jangan digosok! Kita hanya perlu menempelkannya saja pada mulut catrid,jika digosok maka bisa bisa mulut catrid rusak) . Dang ingat juga jangan menyentuh chip warna kuning .


7.Setelah kering kemudian ambil tinta dan isikan kedalam suntikan , lalu isikan ke dalam catrid tadi ( disni kami contohkan tinta warna hitam) . Isikan sedikit saja , jangan sampai tumpah.Ingat ! sedikit saja ( ¼ suntikan saja)




8.Setelah diisi , masukkan lagi catrid ke dalam printer



9.Cobalah cetak sebuah dokumen


10.Alhamdulillah setelah semua proses di atas dilalui , akhirnya hasil cetakan sudah kembali normal lagi ( alias tidak putus putus lagi) . Berikut ini hasil cetakannya :



Semoga sedikit pengalaman tadi bisa membantu teman teman yang sedang binggung dan merasa kesulitan mengatasi hasil print yang putus putus .Selamat mencoba dan silahkan bertanya jika ada yang kurang jelas .

Share:

2 comments:

  1. kalau kasus pada printer modif bagaimana mas?

    ReplyDelete
  2. Kalau pada printer modif , saran saya , di deep cleaner dulu , coba di deep cleaner beberapa kali, jika masih belum cek pada selang tinta ( lihat jalannya printer) . Usahakan tidak ada gelembung udara, karena macetnya tinta pada printer modifikasi biasanya karena pada selang kemasukan udara. Untuk mengatasinya selang yang terpasang pada catrid yang di dalam printer dirapatkan dengan lem tembak , insyaalloh bisa mz ,

    ReplyDelete

Holder HP Youtuber